Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Sumber: alodokter.com 

Pernahkah kamu menderita sakit kepala? Dilansir dari hellosehat.com sakit kepala adalah jenis sakit yang paling umung dialami setiap orang. Rasa sakitnya dapat berupa sakit ringan sampai berat. Tahukah kamu bahwa sakit kepala terdiri dari beberapa jenis? Apa saja jenis-jenis sakit kepala itu? Bagaimana cara mengatasinya? 

Pada dasarnya, sakit kepala terbagi dalam dua jenis, primer dan sekunder. Keduanya dibedakan dari penyebab terjadinya sakit kepala. Berikut adalah penjelasan perbedaan jenis sakit kepala primer dan sekunder. 

  1. Primer

Ini adalah jenis sakit kepala yang sering kali terjadi dan dialami oleh banyak orang. Penyakit ini muncul akibat dari struktur otak yang sensitif terhadap rasa sakit bekerja terlalu keras atau malah mengalami masalah. Sakit kepala primer tidak disebabkan oleh adanya kondisi masalah kesehatan lainnya. Penyakit sakit kepala primer ini terjadi akibat dari aktivitas zat kimia pada otak seperti pembuluh darah atau saraf yang ada di kepala, dan kondisi otot yang ada di kepala dan leher. Umumnya sakit kepala primer dipicu akibat gaya hidup tidak sehat seperti kurang tidur atau perubahan kebiasaan tidur, penggunaan alkohol terlebih anggur merah, mengonsumsi makanan tertentu seperti daging olahan yang masih mengandung nitrat, dan stes. Sakit kepala primer juga dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis sakit kepala primer di antaranya adalah sakit kepala tegang atau disebut dengan tension headache yang tidak terlalu parah namun memberikan rasa sakit seperti kepala sedang ditekan atau diikat erat-erat sehingga menimbulkan tekanan di kepala, sakit kepala tegang ini dibagi menjadi dua, yaitu sakit kepala tegang kronis yang dapat berlangsung selama berjam-jam dan lebih dari lima belas hari dalam sebulan selama tiba bulan berturut-turut, sakit kepala tegang episodik dimana biasanya terjadi selama tiga puluh menit namun dapat bertahan hingga satu minggu. Selanjutnya adalah migrain, yaitu serangan sakit kepala sebelah berulang yang diikuti rasa nyeri yang biasanya parah dan membuat penderitanya tidak berdaya. Terakhir adalah sakit kepala cluster, ini termasuk jenis-jenis sakit kepala yang menyebabkan sakit kepala sebelah, rasa nyeri terjadi secara tiba-tiba dan muncul di bagian belakang mata atau area sekitar mata. 

  1. Sakit kepala sekunder

Menurut honestdocs.com sakit kepala sekunder merupakan jenis yang disebabkan oleh masalah struktur kepala atau leher. Penyebabnya mulai dari pendarahan di otak, tumor atau ensefalitis dan meningitis. Gejalanya berkaitan dengan penyakit lainnya. Sakit kepala sekunder disebabkan oleh penyakit yang mendasari atau cedera yang perlu didiagnosis dan diobati. Ada beberapa kategori sakit kepala sekunder seperti perubahan lingkungan fisik, akibat obat-obatan, gangguan pada otak selain pembuluh darah, trauma pada kepala dan leher, gangguan pembuluh darah pada kepala dan leher seperti AVM atau TIA. 

Lalu bagaimana cara mengobatinya? Setelah mengetahui jenis-jenis sakit kepala, kamu juga perlu tahu cara mengobatinya seperti yang dilansir dari alodokter.com, yaitu istirahat di ruang yang gelap, kompres dingin atau hangat, dan pijat titik tertentu seperti pelipis, bahu, leher dan kepala. Kamu juga dapat menggunakan obat medis seperti paracetamol, OAINS atau obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan propyphenazone. Kamu dapat menghubungi dokter jika gejala yang kamu rasakan cukup parah. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. Kamu juga dapat menggunakan obat tanpa resep yang dapat dibeli di warung, namun perhatikan dosis dan batasan penggunaannya. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>